Pembekalan KKN Angkatan V Tahun 2022

Sabtu, 12 Februari 2022 bertempat di Ruang Seminar Kampus STAI Al-Fattah Pacitan telah dilaksanakan pembekalan KKN angkatan V tahun 2022. Acara ini dibuka oleh Kepala LPPM STAI Al-Fattah Pacitan Bapak Dodik Prasetyo, M.Pd., dan dilanjutkan dengan paparan pembekalan oleh Bapak Agus Setiawan, M.Ag., dan Ibu Afidatul Muniroh, M.Pd.

Sebagai salah satu bagian dari kegiatan perkuliahan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) diarahkan pada pembelajaran mahasiswa tentang kehidupan bermasyarakat, dengan melaksanakan berbagai program pemberdayaan dimulai dengan identifikasi masalah, perencanaan, pemecahan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan kegiatan. Bagi mahasiswa, pelaksanaan KKN diharapkan dapat menjadi suatu pengalaman belajar guna meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan kesadaran hidup bermasyarakat.Bagi masyarakat sasaran, kehadiran mahasiswa mampu memberikan manfaat baik dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, sosial, maupun kebudayaan, sehingga dapat mengarahkan pada terwujudnya masyarakat yang mandiri dan berdaya.

KKN merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. KKN merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan. Program pengabdian kepada masyarakat dipandang oleh STAI Al-Fattah Pacitan sebagai program yang wajib dilaksanakan, baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa. Pengabdian kepada masyarakat harus mendasarkan pada prinsip-prinsip kompetensi akademik, dan profesionalisme, sehingga dapat menghasilkan program yang bermutu, relevan, dan sinergis dalam meningkatkan pemberdayaan. Tidak hanya itu program KKN STAI Al-Fattah Pacitan Tahun 2022 akan ikut andil dalam tercapaikan terwujudnya pembangunan berkelanjutan (SDGs) seperti literasi digitalisasi, pendidikan, keagamaan, kemasyarakatan dan pemerintah desa. Jadi, tema KKN yang dipilih sekaligus mencerminkan fokus permasalahan yang ditargetkan dapat diatasi.

Kegiatan KKN ditujukan untuk peningkatan relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan masyarakat terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni dalam kehidupanya. Selain itu, KKN juga ditujukan untuk meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara kurikulum yang dipelajari di kampus dengan realita kehidupan bermasyarakat.

Program KKN merefleksikan pengetahuan teoretik yang disinergikan dengan pengalaman dilapangan serta diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan potensi, pengetahuan, kemampuan yang dimilikinya, dan mengembangkan kesadaran baru tentang masyarakat, bangsa, dan tanah airnya maupun tentang dirinya sendiri, yang akan sangat berguna sebagai
bekal menjadi sarjana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.